Polres Bojonegoro Launching “Motor Pintar Anak Tangguh Semeru

0

Publisher: Eko Cahyono

Transbojonegoro.com – Untuk mendukung program Pemerintah dan minat baca dikalangan anak-anak menjadi salah satu bidang yang mampu membangun sumber daya manusia. Sumber daya yang berkualitas sangat diperlukan untuk menuju negara yang maju.

Polres Bojonegoro melaunching program bertajuk “Motor Pintar Anak Tangguh Semeru“. Launching Motor Pintar Anak Tangguh Semeru yang berlangsung di halaman Mapolres Bojonegoro, Senin(21/6/2021).

Kegiatan launching ini di pimpin langsung oleh Kapolres Bojonegoro, AKBP EG Pandia, SIK, MM, MH dan dihadiri Wakapolres Bojonegoro, Kompol Arief Kristanto, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Bojonegoro, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur perwakilan wilayah Bojonegoro, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Bojonegoro, Kepala Bank Rakyat Indonesia Cabang Bojonegoro, para pejabat utama Polres Bojonegoro dan Kapolsek jajaran.

Sambutan Kapolres Bojonegoro saat launching Motor Pintar Anak Tangguh Semeru mengatakan launching program motor pintar ini bertujuan untuk mendukung pendidikan anak sekolah dan berisi buku-buku pelajaran serta buku paket untuk anak-anak sekolah. Moda transportasi menyerupai perpustakaan keliling ini diawaki oleh personel Dikmas Lantas dan Bhabinkamtibmas Polres Bojonegoro yang setiap hari berkeliling ke kampung tangguh guna memeratakan layanan informasi dan baca kepada masyarakat tertinggal, khususnya bagi anakanak sekolah yang saat ini libur panjang karena disebabkan pandemi Covid-19.

Masih sambutan Kapolres, maka perlu adanya sisi hulu, termasuk peran Negara yang dapat menghadirkan buku yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dari Sabang sampai Merauke, termasuk bagi masyarakat yang tinggal di pelosok. Sejalan dengan tugas Polri, Polri yang Presisi sangat diharapkan untuk memberikan pelayanan prima terhadap publik. Pasalnya, pelayanan prima terhadap publik merupakan wujud atas hadirnya negara di tengah-tengah masyarakat. Atas dasar tersebut, pada hari yang penuh berkah ini Polres Bojonegoro akan melaunching program motor pintar.

Baca :  Anam Warsito Memperoleh Suara Terbanyak di Pilkades PAW Desa Wotan

Motor ini akan mobile di wilayah Kabupaten Bojonegoro hingga menjangkau daerah dan mengangkut ratusan judul buku yang didukung oleh perpustakaan nasional dan jaringan pustaka bergerak Indonesia guna menyajikan bahan bacaan gratis bagi masyarakat pelosok di wilayah Kabupaten Bojonegoro tercinta ini.

Dari pantuan awak media, bahwa Motor Pintar Anak Tangguh Semeru ini di modifikasi bentuk box rengkek dari bahan stainless di dalam box tersebut berisikan ratusan buku pelajaran, selain itu dilengkapi sarana laptop dan modem wifi sebagai pemancar sinyal.

Disela-sela launching Motor Pintar Anak Tangguh Semeru, Kapolres Bojonegoro menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian Hari Bhayangkara Ke-75 dan mendukung program pemerintah untuk menciptakan generasi yang unggul masa depan. Motor Pintar Anak Tangguh Semeru tersebut berisikan ratusan buku-buku pelajaran dan buku paket untuk anak-anak sekolah. Moda transportasi menyerupai perpustakaan keliling itu dikendarai personel Dikyasa (Pendidikan masyarakat dan rekayasa) Lantas dan Bhabinkamtibmas Polsek jajaran. Apalagi berkembangan teknologi informasi memang bagaikan pisau bermata dua yang di satu sisi bisa memberikan manfaat bagi penggunanya, tetapi di sisi lainnya memberikan dampak buruk. Polres Bojonegoro berkolaborasi dengan stakeholder terkait dengan membawa jargon “ Agunge Sikap Tulung Tinulung “ (ASTUTI).

“Motor Pintar ini untuk menjangkau ke pelosok-pelosok memfasilitasi anak-anak agar mudah mendapatkan buku bacaan dengan cara mendatangi anak-anak dari kampung ke kampung. Motor Pintar ini juga dilengkapi dengan sarana laptop serta jaringan modem internet,” kata AKBP Pandia kepada awak media di Mapolres.

Masih menurut AKBP EG Pandia, masih mewabahnya Covid-19 anak-anak memiliki banyak waktu luang. Meskipun ada tugas sekolah yang diberikan guru, tetapi tidak dapat digunakan secara maksimal untuk belajar mandiri. Sehingga ini merupakan terobosan dan upaya Polres Bojonegoro untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, terutama di kalangan anak-anak.

Baca :  Kunjungi Polres Bojonegoro, Kapolda Jatim Ingatkan Personil soal 'TWT

“Demi keselamatan bersama, berada di rumah adalah langkah terbaik untuk mencegah penyebaran virus Corona di kalangan anak-anak,” pungkas AKBP EG Pandia.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro, Dandi Suprayitno mengatakan program ini sangat positif di tengah pandemi ini. Walaupun dalam kondisi saat ini Motor Pintar Anak Tangguh Semeru sebagai pendukung utama kegiatan program wajib belajar. Sehingga menciptakan generasi cerdas yang komperhensif, yaitu produktif dan enerjik.

“Semoga bermanfaat. Membawa Bojonegoro yang Produktif dan Enerjik,” ucap Ka Diknas Bojonegoro, Dandi Suprayitno.

Selanjutnya setelah kegiatan launching selesai di lanjutkan pemberangkatan Motor Pintar Anak Tangguh Semeru oleh Kapolres Bojonegoro, AKBP EG Pandia di dampingi tamu undangan dari Instansi terkait. (*)