Tips Mengatur Dana Melahirkan Dengan Bijak

0

Freepik.com – Menyambut kelahiran sang buah hati yang sudah dinantikan tentunya memerlukan persiapan matang dari jauh-jauh hari. Salah satu persiapan yang harus diperhatikan adalah dana melahirkan.

Masalah keuangan memang bukan persoalan sepele sehingga harus disiapkan dengan baik agar tidak ada masalah sedikitpun mulai dari sebelum melahirkan hingga pasca melahirkan.
Salah satu cara mempersiapkan uang melahirkan adalah dengan adanya pinjaman tunai ke bank.

Namun, sebelum Anda meminjam dana ke bank untuk biaya persalinan, alangkah baiknya untuk mengetahui bagaimana mengelola keuangan saat melahirkan yang akan kami bahas pada kesempatan kali ini.

6 Tips Mengatur Dana Melahirkan dengan Tepat

Sebelum melakukan persalinan, Anda harus mempersiapkan dana mulai dari biaya rumah sakit hingga biaya pasca melahirkan. Tentunya biaya yang dibutuhkan tidak sedikit. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui apa saja tips mengatur dana melahirkan yang akan kami bahas di bawah ini.

  • Buat Anggaran Baru
    Setiap keluarganya pastinya memiliki catatan tentang anggaran biaya setiap bulan, seperti anggaran biaya listrik, air, rumah, dan lain sebagainya. Jika Anda sedang memasuki hamil tua, maka alangkah baiknya untuk membuat daftar anggaran baru khusus untuk persalinan. Anggaran ini bisa digunakan khusus untuk biaya persalinan, popok, susu formula, dan kebutuhan bayi lainnya.
  • Buat Rekening atau Tabungan Baru
    Sebelum memasuki bulan persalinan, Anda dapat membuka sebuah rekening atau tabungan baru khusus untuk biaya melahirkan. Tabungan ini dapat Anda isi dari gaji, pinjaman tunai, ataupun pemberian dari kerabat. Pastikan Anda mengkhususkan tabungan ini hanya untuk sang buah hati ketika lahir ke dunia.
  • Melunasi Hutang
    Hutang yang Anda miliki sebaiknya segera dilunasi saat memasuki bulan-bulan persalinan. Hal ini dilakukan agar nantinya dana melahirkan tidak ikut terganggu untuk membayar hutang. Namun, hal ini tetap harus disesuaikan dengan kondisi keuangan dan rencana yang sudah disusun oleh Anda dan keluarga.
  • Gunakan Aplikasi Pengatur Uang
    Untuk mengatur pengeluaran hasil pinjaman tunai yang Anda terima, Anda dapat mengunduh aplikasi pengatur uang. Aplikasi ini berguna untuk mengatur pengeluaran dan pemasukan yang Anda lakukan untuk biaya persalinan. Aplikasi sejenis ini dapat Anda unduh secara gratis di berbagai platform kesayangan Anda.
  • Perhitungkan Biaya Pasca Persalinan
    Selain biaya sebelum melahirkan, Anda juga harus memperhitungkan kondisi dan biaya pasca persalinan. Dana melahirkan yang satu ini banyak diabaikan dan akhirnya pengeluaran semakin tidak terduga. Untuk menghindari hal itu, pastikan Anda sudah merencanakan biaya pengeluaran khusus untuk pasca melahirkan sang buah hati.
  • Manfaatkan Hadiah dari Kerabat
    Saat Anda melahirkan si kecil, pastinya tidak sedikit kerabat yang berkunjung sembari memberi hadiah. Semakin banyaknya hadiah yang Anda terima maka itu akan semakin baik karena dapat mengurangi biaya pengeluaran. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan hadiah dari teman atau keluarga yang datang berkunjung agar dana melahirkan tidak semakin terkuras.
Baca :  Pendaftaran PPPK Dari Jalur Guru di Bojonegoro Segera Dibuka

Nah itulah 6 tips mengatur pinjaman tunai khusus untuk melahirkan. Jika Anda masih belum memiliki dana melahirkan yang cukup untuk persalinan, Anda dapat melakukan pinjaman online ke Tunaiku. Apa itu Tunaiku? Tunaiku adalah sebuah produk yang dikeluarkan oleh Bank Amar dan sudah terdaftar serta diawasi langsung oleh OJK sejak tahun 2014.

Tunaiku juga memiliki sistem keamanan informasi yang terpercaya, hal ini dibuktikan dengan adanya sertifikasi ISO 27001. Anda dapat melakukan pinjaman dana mulai dari 2 juta hingga 20 juta dengan masa pinjaman yang lama yaitu sekitar 6 bulan hingga 20 bulan.

Yang menarik lainnya dari Tunaiku adalah proses pencairan yang cepat dan persyaratan yang mudah. Dengan bermodalkan KTP, Anda sudah bisa mendapatkan dana yang Anda inginkan tanpa agunan. Jadi, tunggu apalagi? Yuk segera penuhi kebutuhan dana melahirkan Anda dengan menggunakan pinjaman dari Tunaiku.

Sumber:
https://www.simulasikredit.com/6-tip-mempersiapkan-dana-melahirkan-hingga-pascalahir/
https://kumparan.com/kumparanbisnis/begini-tips-kelola-keuangan-menyiapkan-persalinan-1540431004278784469/full
https://www.orami.co.id/magazine/3-tips-mengatur-keuangan-sebelum-cuti-melahirkan/
https://tunaiku.com/