Wabup Mendukung Inovasi dan Kolaborasi Yang Dibangun Para Petani di Bojonegoro

0

Transbojobegoro.com – Selain ada Bendung Gerak, dan Jembatan Sosrodirlogo Wilayah Kecamatan Trucuk juga memiliki agrowisata kebun jambu kristal, lokasinya pun tak begitu jauh dari Kawasan Bendung Gerak cukup menengok ke arah timur bisa langsung melihat kebun jambu kristal.

Kebun jambu kristal memiliki potensi agrowisata yang sangat prospektif, namun dimasa pandemi Covid-19 para petani jambu mengalami penurunan omset penjualan. Salah satu kebun jambu kristal yang berada diKecamatam Trucuk, mendapatkan kunjungan orang nomor dua di Kabupaten Bojonegoro, Wakil Bupati Bojnegoro Drs. H. Budi Irawanto, M.Pd. Kamis (12/08/2021)

Salah satu kebun jambu kristal yang ada di Desa Padang Kecamatan Trucuk, Tata Trisnaning (23) menyampaikan, dalam kondisi saat ini penjualan sangat turun drastis dibandingkan sebelumnya, karena terkendala pandemi dan saat panen raya sulit untuk memasarkan.

“Dulu banyak pengunjung yang datang, namun saat ini harus dibantu berjualan melalui media online. Alhamdulilah banyak pembeli dari luar kota seperti Kabupaten Ngawi, kabupaten Rembang dan Daerah jawa tengah lainya,” ucap Tata Trisnaning kepada Wakil Bupati Bojonegoro Budi Irawanto.

Perempuan kelahiran Desa Padang tersebut menyampaikanm, awal mula terjun ke pertanian karena melihat penjualan jambu kristal menurun, pihaknya langsung tergugah untuk membantu dan meneruskan pertanian yang sudah di buat oleh kedua orangtuanya, kemudian bergelut ke dunia pertanian hampir sekitar satu tahun ini.

“Meskipun ekonomi saat ini sedang dilanda krisis karena pandemi, tapi kami masih bisa bekerja dan menghasilkan. Saya senang hari ini dikunjungi Bapak Wakil Bupati Bojonegoro. Kedatangan beliau memberi arti yang sangat berharga buat kami para petani jambu kristal dan menambah semangat serta motivasi kami untuk terus berkarya dan berinovasi. Beliau sangat supportif terhadap masyarakat bawah seperti kami.”

Baca :  Wakil Bupati Bojonegoro Hadiri Pelantikan Pengurus IMM Cabang Bojonegoro

Kebun dengan luas sekitar dua hektar ini, memiliki sekitar 300 pohon jambu kristal. Harga jambu kristal pun cukup stabil di pasaran berkisar harga 12.000-15.000/ Kg. setelah sukses menjual jambu kristal secara online, kini proses mengembangkan jambu kristal mega merah dan jambu kristal wijaya merah.

Sementara itu, Wakil Bupati Bojonegoro Budi Irawanto mengaku sangat senang bisa melihat masih ada semangat dan motivasi berusaha seperti petani Jambu Kristal ini. Di masa pandemi ini memang banyak tantangan dan keterbatasan-keterbatasan, tapi itu tidak menjadi halangan bagi kita untuk terus berusaha.

“Saya sangat mendukung inovasi dan kolaborasi yang dibangun para petani di Bojonegoro, dengan memanfaatkan dunia digital,”kata Wakil Bupati Bojonegoro yang biasa di panggil Mas Wawan.

Menurutnya, dunia pertanian memang juga mendapat imbas dari pandemi ini, tapi Pemerintah Kabupaten Bojonegoro harus terus mendampingi para petani. Mendengarkan petani, dan mencari solusi bersama untuk kemajuan dunia pertanian kita.

“saya sengaja berkunjung untuk tetap merawat semangat di tengah pandemi ini. Konsistensi ini saya yakin melahirkan semangat bagi lainya. Saya selaku pribadi dan pemerintahan Bojonegoro sangat terbuka dan mendukung dengan petani yang ada di Bojonegoro.”

Tak hanya itu, pihaknya juga sangat memberi dukungan penuh kepada anak-anak muda yang mau terjun ke pertanian. Dunia Pertanian butuh peran anak-anak muda, generasi milenial, adalah sebagai agen penggerak pertumbuhan ekonomi pertanian.