Ada Virus Varian Baru “OMICRON”,  Berikut Ini Pesan Kapolres Bojonegoro Pada Masyarakat

0

Publisher: Eko Cahyono

Transbojonegoro.com – Pandemi Covid-19 belum usai, namun kini dunia telah diserang lagi yaitu virus varian baru yang dinamakan Omicron bahkan virus ini mengemparkan dunia dalam pekan ini.

Kutipan dari situs Covid-19 varian baru dengan sebutan B.1.1.529 atau Omicron yang disebut-sebut berasal dari Africa Selatan ini dapat menular dengan sangat cepat. Varian ini juga mempercepat penurunan daya tahan tubuh bagi yang terinfeksi hingga menyebabkan kematian.

Kapolres Bojonegoro, AKBP EG Pandia saat dikonfirmasi awak media di Mapolres Bojonegoro, terkait adanya virus varian baru, Senin(29/11/2021) mengatakan berdasarkan kutipan data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk Indonesia belum ada terkonfirmasi positif varian baru tersebut.

Lanjut Pandia, sebagai antisipasi atas penyebaran varian baru ini, dilakukan adalah masyarakat harus tetap disiplin protokol kesehatan (Prokes) yakni 5M, Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jaran, Menjauhi kerumunan, dan Mengurangi mobilitas.

“Untuk mengantisipasi dan memutus mata rantai penyebaran virus varian baru maupun Covid-19, Ya harus disiplin prokes 5M,” ucap Kapolres Bojonegoro kepada awak media.

Pandia menambahkan upaya Polres Bojonegoro bersama instansi terkait terus dimasifkan dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19, selama ini baik melalui operasi Yustisi, himbauan-himbauan protokol kesehatan dan pembagian masker yang dilakukan para Bhabinkamtibmas, Polisi Wanita (Polwan) kepada masyarakat.

“Polres Bojonegoro beserta jajaran terus berupaya dan tidak kenal lelah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19, apa lagi muncul virus varian baru “Omicron” . Kita juga berupaya melakukan percepatan vaksinasi dengan door to door untuk memutus mata rantai penyebaran virus. Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan segera melakukan vaksinasi Covid-19, sekali lagi kita imbau bagi yang belum di vaksinasi segera melakukan vaksinasi untuk mengantisipasi penularan varian baru,” tambah Pandia.

Baca :  Meriah, Aksi Sosialisasi Griya Pustaka Selorejo

Kapolres Bojonegoro juga mengingatkan agar masyarakat menunda kegiatan pada akhir tahun nanti terutama merayakan atau mudik Nataru (Natal dan Tahun Baru).

“Selama liburan Nataru, kita imbau kepada masyarakat untuk di rumah saja, kurangi mobilitas atau kerumanan di luar rumah. Saat ini pandemi Covid-19 masih ada. Apa lagi muncul varian baru masyarakat tetap patuhi prokes 5M,” pungkas Pria yang pernah menjabat Kapolres Tulung Agung. (*)