Emak-emak  di Desa Mulyorejo Gotong Royong Ngecor Pembangunan Masjid Al-Falah

0

Reporter: Antok

Transbojonegoro.com – Kerja bakti gotong-royong pembangunan
Masjid oleh kaum laki-laki adalah hal yang lumrah saat proses pengecoran, namun kali ini  ada yang berbeda saat pengecoran pembangunan Masjid Al-Falah di Dusun Glagah, Desa Mulyorejo, Kecamatan Tambakrejo,  yaitu kaum wanita ikut andil dalam proses gotong royong demi kekompakan warga sekitar untuk mewujudkan pembagunan Masjid cepat selesai. Dan itu bagus, apa lagi rata-rata mereka sudah bersatus emak-emak. Rabu, (12/1/2022).

Kegiatan renovasi masjid tersebut dimulai pada tanggal 29 Oktober 2021 yang lalu, hingga saat ini masih terus berlangsung pembangunannya.

Masjid Al-Falah telah berdiri sejak
sekitar tahun 1940 silam, dibangun menggunakan bahan bahan dari
kayu jati. Pada beberapa bagian bahan kayunya saat ini sudah mulai tampak
keropos sehingga perlu dilakukan pembenahan
demi keselamatan dan kenyamanan para jamaahnya.

Renovasi masjid tersebut saat ini dilaksanakan dengan dana yang bersumber
dari swadaya masyarakat sekitar dan dana dari
kotak amal masjid setiap Hari Jumat.

Guna mengurangi pembengkakan biaya
pembangunan, maka setiap pengerjaan yang yang diprediksi akan menelan biaya yang besar seperti pengecoran, maka secara sukarela melibatkan andil gotong royong dari beberapa warga sekitar. Misalnya seperti pengecoran pondasi, tiang, kuda-kuda, dan sebagainya.

Untuk pekerjaan pengecoran tahap selanjutnya yaitu bagian dek depan masjid yang membutuhkan banyak tenaga karena posisinya berada diatas. Disini para ibu ibu merasa terpanggil untuk ikut terlibat langsung dalam kegiatan pengecoran, padahal mereka sebenarnya sudah mendapatkan tugas giliran untuk menyiapkan konsumsi setiap hari bagi para tukang dan tenaga sukarewalan.

Kegiatan pengecoran yang melibatkan ibu ibu tersebut dilaksanakan pada Hari Selasa tanggal 11 Januari 2022, tidak kurang dari 75 orang warga yang terlibat dalam kegiatan tersebut.

Baca :  Ada Corona, Polres Bojonegoro Himbau Warga Tidak Melaksanakan Takbir Keliling

Pengecoran tersebut dimulai pada pukul 07.00 hingga pukul 13.00, dengan volume pengecoran yang luasnya sekitar 100 meter persegi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Desa Mulyorejo H.Sahri beserta Ibu kepala desa, Kasun Glagah M.Jais, Ketua Ta’mir Masjid H.Khoifin dan Ibu Khoifin ,
Ketua Pembangunan Masjid Bunari dan istrinya, juga Humas
Masjid Imam Zarkasi beserta istri.

Renovasi masjid yang diperkirakan menelan dana sekitar Rp 998.000.000 (Sembilan ratus Sembilan puluh
delapan juta rupiah) tersebut telah mencapai 30%, dalam kurun
waktu 2,5 bulan, dan untuk kelanjutan pembangunannya maka panitia berharap semoga kedepannya dana tetap mengalir dari seluruh warga masyakat sekitar, serta panitia juga selalu menerima sumbangan amal
jariyah dari pihak manapun agar proses pembangunan masjid tetap bisa berjalan lancar.

Sebagai Ketua Ta’mir Masjid Al-Falah dan Panitia Pembangunan Masjid Dusun Glagah, Desa Mulyorejo, Kecamatan Tambakrejo, H.Khoifin merasa terharu dan bangga dengan antusiasme juga kekompakan masyarakat.

“Semoga kekompakan dan gotong royong tersebut terus berlanjut sampai pembangunan masjid selesai,” harap H.Khoifin.**(Eko)